Buka Buku

The Prehistoric Earth [series]

Posted in english, non-fiksi, paleontologi by halfklingon on 5 April 2010

The Prehistoric Earth adalah seri komprehensif yang ditujukan untuk dinosaurus dan makhluk prasejarah lain yang menarik, termasuk mamalia, burung, reptil terbang, ikan dan kehidupan laut lainnya, dan nenek moyang manusia. Berbagai macam bentuk kehidupan dirinci dalam rangkaian intrik ini akan menarik perhatian peneliti mahasiswa. Setiap judul menyoroti prinsip-prinsip dasar penelitian ilmiah dan memberikan wawasan tentang karya ilmuwan. Penuh ilustrasi berwarna, akan membawa Anda ke kehidupan masa lalu tentang rahasia bumi kuno.

Early Life: The Cambrian Period

Dari tanda-tanda pertama kehidupan pada Periode Prakambrium sampai akhir Periode Kambrium sekitar 488 juta tahun yang lalu, Early Life mengeksplorasi salah satu periode paling luar biasa dalam evolusi kehidupan di Bumi. Ditandakan sebagai ledakan besar biologis, Periode Kambrium adalah rentang waktu yang relatif singkat di mana hampir semua bentuk dasar kehidupan binatang yang masih ada pertama kali muncul dalam catatan fosil kuno lautan bumi. Makhluk laut mirip alien berkembang di lautan, dan pemangsa pertama mulai memburu spesies lain dalam sebuah perlombaan “senjata biologis” di mana terjadi adu strategi antara pertahanan yang elegan melawan serangan yang semakin efisien. Early Life menceritakan kisah menarik tentang organisme bumi awal dan betapa pentingnya mereka untuk pemahaman kita tentang bentuk-bentuk lain dari kehidupan yang telah berevolusi sejak itu.

The First Vertebrates: Oceans of the Paleozoic Era

Vertebrata merupakan jenis hewan yang paling akrab dari semua binatang di bumi, karena manusia adalah salah satu dari 45.000 spesies vertebrata yang hidup. Munculnya vertebrata pertama adalah bersamaan dengan Era Paleozoikum, masa di mana meningkatnya kompleksitas ekologi sebagai akibat ledakan kehidupan pertama yang terjadi di laut. The First Vertebrates merupakan tinjauan terhadap peningkatan dramatis kehidupan vertebrata di laut Paleozoikum. Buku penuh ilustrasi ini menggambarkan jejak perkembangan ikan, termasuk ikan tanpa rahang, ikan dengan rahang dan gigi, hiu awal, dan ikan-tulang yang merupakan nenek moyang sebagian besar spesies ikan saat ini.

March Onto Land: The Silurian Period to the Middle Triassic Epoch

Periode Kambrium dari Era Paleozoikum dikenal karena ledakan yang luar biasa dari organisme multisel dengan kulit keras dan cangkang luar.
Evolusi kehidupan awal selama Kambrium memicu perlombaan senjata antara predator dan mangsa yang terus meningkat selama berabad-abad dengan lahirnya spesies-spesies baru organisme. Dari akar kehidupan di Kambrium muncul vertebrata – hewan bertulang punggung – pertama. Dalam lautan Paleozoikum yang luas, ikan dari berbagai jenis menjadi fokus drama biologis sebagai yang menguasai habitat air tawar dan asin.
Beberapa jenis ikan Paleozoikum seperti ikan hiu sirip-bersinar telah berkembang sejak masa asal mereka lebih dari 400 juta tahun yang lalu. Menariknya, mereka merupakan kelompok yang kurang berhasil. Ikan-ikan bersirip cuping-lah yang memunculkan vertebrata darat pertama beberapa 360 juta tahun yang lalu.

Dawn of the Dinosaur Age: The Late Triassic & Early Jurassic Epochs

Dawn of the Dinosaur Age menyajikan babak pertama drama yang mencapai puncaknya di Era Mesozoikum: Jaman Reptil. Munculnya dinosaurus pertama adalah kisah tentang peluang dan inovasi evolusi. Setelah hidup dalam bayangan keluarga reptil yang lebih dominan, dinosaurus pertama mendapat keuntungan dari kepunahan massal pada akhir Periode Trias untuk mengambil alih relung yang pernah ditempati oleh para pendahulu mereka. Periode Trias Akhir dan Jurassic Awal adalah masa percobaan evolusi dinosaurus, ketika dinosaurus herbivora dan karnivora paling awal beradaptasi dengan bentuk tubuh dan gaya hidup yang semakin khusus. Dawn of the Dinosaur Age mengeksplorasi akar dari pohon keluarga dinosaurus dan gaya hidup dan perluasan dinosaurus karnivora dan herbivora pertama.

Time of the Giants: The Middle & Late Jurassic Epochs

Ini adalah kisah sejarah periode geologis stabil di Bumi yang menakjubkan, di mana dinosaurus sepertinya tumbuh hingga ukuran tak terbatas dan berhasil menyebarkan dominasi mereka ke seluruh bagian planet ini.
Time of the Giants menilik dinosaurus yang muncul selama masa Jura Tengah dan Jura Akhir, rentang 30 juta tahun yang bertahan dari 175 juta sampai 145 juta tahun yang lalu. Saat hewan darat terbesar – sauropoda – yang pernah berjalan di muka Bumi. Raksasa ini tidak sendirian, jenis lain dinosaurus berdiversifikasi dengan cepat. Yang paling menonjol, dinosaurus predator juga cenderung meraksasa, dan herbivora berlapis baja mengisi ruang ekologis yang tidak diinjak oleh para raksasa berleher panjang.

Last of the Dinosaurs: The Cretaceous Period

Kisah akhir evolusi dinosaurus diselesaikan dalam Last of the Dinosaurs.
Dibuka dengan perkenalan dengan dinosaurus predator darat terbesar yang pernah ada, respon para dinosaurus terhadap peningkatan tanaman berbunga, dan kemunculan orde kelima dan terakhir dari vertebrata: burung.
Kisah berlanjut dengan menyusuri jejak dinosaurus yang muncul selama Awal dan Akhir zaman Kapur, rentang 80 juta tahun yang merupakan hampir setengah dari total Zaman Dinosaurus. Rentang penting dimana dunia dinosaurus dibagi dengan pergeseran benua yang menciptakan pemisahan jelas antara Belahan Utara dan Selatan, efek geologi yang mengisolasi beberapa jenis dinosaurus, sehingga tren evolusi mengalami divergensi. Para sauropoda raksasa terus berkembang di benua-benua selatan namun secara luas terpencar di beberapa daerah utara khatulistiwa karena terdesak oleh pemakan tumbuhan yang telah menyesuaikan diri dengan makan tanaman berbunga: iguanodon dan hadrosaurus.
Transisi dramatis lainnya terjadi dalam evolusi beberapa dinosaurus predator kecil, banyak yang memiliki bulu dan kaki depan yang secara bertahap berubah menjadi sayap, memunculkan burung.
Dinosaurus pemain kunci lainnya mencapai puncak keanekaragaman selama babak terakhir dinosaurus, termasuk diversivikasi dinosaurus bertanduk dan dinosaurus kepala tulang yang sukses.
Dinosaurus tidak sendirian di dunia, karena Last of the Dinosaurs telah menggali reptil penting Mesozoikum lain yang telah punah. Ini termasuk penguasa langit yang dikenal sebagai pterosaurus (reptil terbang) dan berbagai reptil laut seperti ichthyosaurus, plesiosaurus, buaya laut, dan lain-lain. Last of the Dinosaurs tentu harus menyimpulkan bencana yang mengakibatkan kepunahan masal dan menghapuskan banyak pemeran utama dari Mesozoikum, dengan demikian membersihkan panggung dan memberi ruang bagi burung-burung dan mamalia untuk berdiversifikasi dan mendominasi Bumi.

The Rise of Mammals: The Paleocene & Eocene Epochs

Kisah berlanjut dengan penguraian evolusi awal dan penyebaran mamalia dan burung yang selamat dari Era Mesozoikum. Pola evolusi burung dan mamalia sebelum Kenozoikum dalam rentang pertama yang kritis selama 10 juta tahun dikenal sebagai Epoch Paleosen yang merupakan waktu pemulihan untuk mamalia dan burung, diikuti oleh adaptasi cepat terhadap kondisi ekologi baru. Wajah Bumi terus berubah ketika benua-benua hanyut dan terpisah jauh. Hal ini pada akhirnya mnegisolasi fauna tertentu, seperti di benua selatan, di mana kehidupan sering berevolusi dengan cara luar biasa aneh. Itu adalah dunia eksperimen evolusi, saat burung dan mamalia masing-masing menemukan cara untuk mengisi kesenjangan ekologi akibat punahnya dinosaurus. Pada akhir Paleosen, akar dari keluarga burung dan mamalia modern telah ditetapkan, melewati serangkaian jalan berbeda dan khusus yang terus berlanjut hingga sekitar 55 juta tahun kemudian.

The Age of Mammals: The Oligocene & Miocene Epochs

Tidak seperti dinosaurus yang hanya meninggalkan kerabat burung, banyak dari kelompok mamalia yang diuraikan dalam buku ini tersambung dengan wakil-wakil yang hidup di planet ini. Jika The Rise of Mammals merinci keberhasilan awal dan diversifikasi mamalia setelah punahnya dinosaurus, The Age of Mammals mengeksplorasi pembentukan garis-garis mamalia yang relatif modern dengan perwakilan mereka yang telah punah.
The Rise of Mammals menjelaskan bagaimana mamalia memperoleh pijakan awal di banyak benua selama 10 juta tahun pertama Era Kenozoikum. The Age of Mammals melanjutkan cerita ke formatif masa Oligosen dan Miosen, masa ledakan pertumbuhan evolusi untuk semua jenis mamalia. Selama rentang 50 juta tahun, mamalia tidak hanya berhasil muncul dari bayang-bayang dinosaurus, tetapi menjadi vertebrata darat yang paling sukses.
Bagian akhir, panggung didirikan untuk munculnya spesies yang lain akan sangat mempengaruhi arah kehidupan di planet ini: manusia. Akar pohon keluarga primata yang melahirkan manusia ditemukan di dalam buku ini dan lebih rinci dalam dua buku lain dalam seri The Prehistoric Earth, Primates and Human Ancestors dan Early Humans.

Primates and Human Ancestors: The Pliocene Epoch

Dengan buku ini, Primates and Human Ancestors, The Prehistoric Earth mempersempit fokus evolusioner kepada keturunan mamalia yang menyebabkan munculnya manusia. Dengan pergeseran ini, seri langkah-langkah agak terpisah dari pemeriksaan paleontologi vertebrata umum untuk studi khusus manusia dan nenek moyang manusia. Bidang studi antropologi meliputi evolusi manusia, baik biologis dan budaya. Paleoanthropology-studi tentang spesimen fosil dari nenek moyang manusia dan kera yang telah punah-merupakan fokus dari Primates and Human Ancestors. Volume berikutnya, Early Humans, menceritakan tentang evolusi biologis manusia, sambil memperkenalkan beberapa spesialisasi dalam studi antropologi, seperti evolusi bahasa, budaya, dan masyarakat.

Early Humans: The Pleistocene & Holocene Epochs

Pendekatan holistik untuk studi evolusi manusia telah menjadi tujuan utama dalam penulisan Early Humans. Volume ini menyimpulkan kisah evolusi hominin pramodern yang dimulai pada Primates and Human Ancestors. Kemudian berlanjut dengan menjelajahi sifat anatomis manusia modern, asal-usul, dan pengembangannya, baik biologis dan budaya.

Penulis: Thom Holmes

Format : Adobe Reader (pdf)
disarankan untuk menginstal Adobe Reader versi terbaru
Bahasa : English

Download

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: